Kafilah Kepri Hadirkan  Replika Perahu dan Anjungan Masjid Penyengat


* Meriahkan Pawai Taaruf MTQN XXVII di Medan

Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII di Jalan Diponegoro, Medan, Sabtu (6/10), berlangsung cukup meriah. Kafilah Provinsi Kepri pada kesempatan ini ikut memeriahkannya dengan menghadirkan replika perahu dan anjungan Masjid Penyengat yang didesign sedemikian rupa indah.

Acara Pawai Taaruf ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Wakilnya Musa Rajekshah.

Adapun dari Pemprov Kepri tampak hadir  Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, didampingi oleh Kepala Biro Kesra Tarmidi dan staf Ahli Syamsuardi.

Tampak juga  puluhan kendaraan hias dan marching band dari berbagai sekolah di Sumatera Utara,  turut memeriahkan Pawai Ta’aruf yang digelar dalam serangkaian pelaksanaan MTQN XXVII ini.

Tema yang diusung oleh kafilah Kepri yang berada di urutan 6 saat pawai taaruf dilaksanakan mengusung tema peradaban islam untuk kembali mengukir prestasi bagi kehidupan masyarakat  Kepri.

Terdapat replika perahu dan diatasnya terdapat replika anjungan masjid penyengat yang menggambarkan tempat musyawarah peradaban islam kala itu. Tampilan replika semakin terlihat indah dengan paduan warna merah, hijau kuning yang selalu dipakai masyarakat Melayu dalam setiap upacara-upacara adat.

Selain itu terlihat ada Al-quran terbuka yang melambangkan bahwa masyarakat Melayu selalu menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Selain itu terdapat dua orang bujang dan dara yang menaiki mobil hias replika masjid adalah sebagai gambaran generasi penerus. Sementara di depan mobil hias menmpilkan pakaian Melayu kreasi/ karnaval, sebagai bentuk bahwa hidup harus berkreasi menyesuaikan zaman, namun tetap dalam kaidah keislaman.

Pawai Taaruf MTQN XXVII di Medan sendiri mengambil rute start di jalan Lapangan Banteng, dan finish di lapangan Merdeka. Dengan menempuh jarak sekitar 1.4 KM.

Dalam kesempatan ini Sekdaprov Kepri berharap agar kafilah Kepri bisa mencapai prestasi yang membanggakan di MTQN XXVII 2018 Medan kali ini.

Sebanyak 53 qori dan qoriah yang diutus merupakan putra dan putri terbaik Kepri untuk ajang MTQN.  Dengan didukung oleh 20 orang pelatih serta 4 orang pendamping.

“Semoga saja kita bisa mempertahankan prestasi yang pernah kita capai. Tentunya kita semua harus terus berdoa dan berusaha. Adapun yang paling penting jaga kesehatan fisik peserta,” kata Sekda.

Menyangkut Prestasi, Disamping pernah menjadi juara umum MTQN XXV di Batam tahun 2014. Kepri juga menjadi juara ke-3 pada MTQN XXVI tahun 2016 di Nusa Tenggara Barat. Adapun pada tahun 2017 Kepri juara ke-2 di STQN tahun 2017 di Kalimantan Utara.

Kafilah Kepri diinapkan di hotel Kardina, Medan. Sebelumnya Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah  beserta rombongan berkesempatan menjenguk para kafilah sembari memberi motivasi. (Bsr)



Source link

About the author: Motivasi

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *